Senin, 02 November 2015

Cara Cepat Menguasai Bahasa Inggris




Cara cepat menguasai bahasa Inggris



To the point aja y...@_@

Banyak orang beranggapan bahwa belajar bahasa Inggris itu sangat sulit alias Jlimet dan membosankan. Dan mereka yang memiliki asumsi seperti itu kebanyakan adalah orang-orang yang belum tau tentang “Arti dan Fungsi Bahasa itu sendiri” sehingga mereka merasa sulit dan keliru menggunakannya. Sebelum membahas English Language. Mungkin pertama saya akan mengingatkan kalian semua tentang makna dan fungsi “Bahasa” itu sendiri.
 Well, my beloved brothers and sisters.
Kita harus tahu bahwa “Languagae is a means of communication” maksudnya adalah Bahasa itu adalah alat komunikasi. Kita tidak akan bisa berinteraksi dengan satu sama lain tanpa bahasa, right! Dan dengan bahasa itu pula kita bisa mengerti maksud dan inti yang diutarakan o/ lawan bicara kita baik  secara langsung (speaking) atau tidak langsung (writing). Contohnya: asking a question, discussion,  sharing, gossiping(Girls^_^ red.) dsb.  So, sudah jelaskan arti dan fungsi bahasa. Tapi, kalau kamu masih kebingungan... silahkan  pahami ulang atau bertanya satu sama lain. Betul, betul, betul.... @_@.
Inilah tips excellent yang saya tawarkan dan saya yakin kamu bisa menguasai bahasa inggris dengan cepat meskipun tanpa belajar di sekolah atau dikursusan. Ready.....!!!!!

1.         Be a good listener (Jadilah pendengar setia)
Coba ingat kembali ketika kita masih bayi, orang tua kita sudah mengajari dan mengajak kita ngomong meskipun waktu itu kita hanya tersnyum, membisu dan hanya mendengarkan pembicaraannya. Singkat saja, secara tidak sadar kita mulai mengerti maksud perkataannya. You know why? Karena kita memperhatikan dan menangkap apa yang diucapkan mereka secara terus-menerus. Jadi, dalam belajar bahasa (khususon bhs. Inggris), pertama kita harus mendengarkan perkataan orang lain (yang berbicara bahasa inggris) secara terus-menerus. Contohnya: dengarkan waktu guru ngomong bhs. Inggris, mendengar langsung dari native speakernya/bule (lewat Film atau ketemu di jalan) , bisa juga mendengarkan musik English yang kamu senangi dan pahamilah intinya meskipun hanya sekilas.  Apalagi mendengarkannya secara terus-menerus. Wow... selain mengerti isinya, hafal liriknya, dan siapa tahu kamu juga jadi singer mulai dari papan atas sampai papan tulis...hehe so sweet. de el el.@

2.         Understand and enrich many English words ( pahamilah dan perkayalah kosakata bhs. Inggris sebanyak mungkin)
Setelah kita belajar tips yang pertama, kemudian kita belajar kosakata yaitu memahaminya. Banyak orang salah tingkah mempelajarinya. Kita sering banyak menghafalkan kosakata tanpa memahaminya. So, akhirnya kita seperti “lagunya Kuburan“ ***Lupa-lupa Ingat. ^_^. Sebaiknya, pahamilah kosakata tersebut sebelum kita menghafalkan dan mempergunakannya. Disamping itu,perbanyaklah pemahaman kosakata. Paling sedikit, 1 hari menghafalkan 5 kosakata (bagi pemula). Dan kalau sudah yakin bisa tambahkan lagi di hari berikutnya.
Ini tips terbaru menghafalkan dan mengingatnya dengan cepat yaitu dengan menghubungkan kata-kata bhs. Inggris yang hampir sama bunyinya dengan “Nama atau benda”.
Example;     a.  English word : Repair= memperbaiki
                         Nama              : Rifa’i
Contoh kalimat English : Rifa’ai repaired his a motorcycle
                                         (Rifa’i memperbaiki sepeda motornya).

                     b.  English : Sofa= Dipan (temapat duduk)
                           Nama   : Sofi
Contoh kalimat Engish  : Sofi sits on sofa
                                         (Sofi duduk di atas sofa)

3.    Practice to read and speak English habitually (biasakanlah berlatih membaca dan berbicara English )
Pepatah mengatakan “When you read, you will get the world”artinya adalah ketika kamu membaca, kamu akan mengetahui isi dunia. So pazti, karena dengan banyak membaca akan menguasainya. Begitu juga belajar bhs. inggris, jangan pernah malas u/ membaca, for example: Dictionary, English novel, newspaper dan kawan-kawan.^_^. Ingat: Read, read, and Read!
 Dalam belajar speaking harus mengenal istilah ini “Bisa karena terbiasa”. Kamu sebenarnya sudah tahu tentang itu tapi mungkin sulit u/ mempraktekkannya. Tips speaking ini saya akan paparkan berdasarkan apa yang telah saya alami. Waktu saya duduk di bangku SD sampai SMP, saya tidak bisa ngomong bahasa Inggris sama sekali. Apalagi mau belajar skills lainnya (Writing, reading dan listening). Kemudian saya masuk sebuah lembaga dan Alhamdulillah saya mulai tertarik belajar English karena methodenya yang diberikan sangat bagus yaitu setiap siswa diwajibkan berbicara bahasa inggris setiap hari. Disana bagi pemula diajak terus berbicara bahasa inggris dan tidak mementingkan Grammar. Kita harus flashback bahwa orang tua kita tidak pernah mengajarkan kita bicara mulai sejak kecil sampai sekarang tentang Grammar. Benar to..! dan saya yakin kunci pertama  menguasai bahasa Inggris adalah mempraktekkannya (Speaking), dan otomatis skills lainnya akan lebih mudah dipelajari.
Dalam praktek bicara bhs. Inggris tentu kamu butuh teman u/ berinteraksi. Maka dari itu pilihlah temanmu yang bisa bicara meskipun tidak terlalu lancar, atau kamu bisa praktek sama gurunya apalagi ketemu langsung sama BULE, Wow,,,itu kesempatanmu.@+@. Dan jangan pernah takut membuat kesalahan karena dengan membuat kesalahan kamu akan belajar lebih baik lagi. (orang banyak yang gagal dan putus asa dalam hidupnya karena mereka mendahulukan kekhawatiran/ketakutan/ ketidak percayaan atas dirinya . Ingat: “Practice Makes Perfect”. Buktikan...!

4.         Learn grammar step by step (belajar grammar sedikit demi sedikit)
Setelah kamu belajar speaking meskipun kadang kamu merasa salah paham mengartikannya, saatnya kamu juga belajar Grammar yaitu mulailah dari yang sederhana sampai ke high-level. Belajar grammar bisa belajar sendiri, atau kelompok sambil diskusi. Yang terpenting jika kamu merasa kesulitan tanyakanlah pada orang yang kamu anggap mengetahuinya baik pada teman atau pun guru. Jangan pernah menyembunyikan sebuah pertanyaan yang kamu anggap sulit, otherwise kamu akan bingung sendiri. “Malu bertanya sesat di jalan lho..”

5.         Practice to write (berlatihlah menulis)
Kamu harus tahu this sentence “Aku menulis maka aku ada”. Maksudnya adalah ketika menulis maka kita akan berimajinasi melalui tulisan kita bahwa apa yang kita tulis itu sebenarnya sebuah interaksi dalam diri kita yang secara tidak langsung. Menulislah apa yang kamu ketahui dari pada kamu menulis tapi kamu tidak paham. Maksudnya jangan sekedar nulis tapi kamu harus tahu juga apa yang kamu akan tulis agar lebih bermanfaaat. Dalam belajar Writing kamu juga harus menggunakan Grammar yang benar,  dan ini berbeda sekali dengan belajar speaking (kadang bisa menghiraukan grammar ketika informal situation).

6.         Evaluation
Setelah kamu belajar dan berlatih bahasa Inggris, saatnya kamu mengevaluasi sejauh mana kemampuan kamu, meningkatkah atau masih butuh belajar lagi dan lagi. Ingat : belajar tidak cukup sampai kamu mengetahui salah satu ilmu, tapi butuh kelanjutan sampai kamu meninggal (Utlubul ilma minal mahdi ilallahdi, hadist). Jangan khawatir meskipun kamu mengalami kegagalan, sebenarnya kamu masih punya beribu-ribu kesempatan untuk lebih baik lagi. Dan bagi orang orang yang berhasil duluan, jangan pernah sombong karena dengan sikapmu yang sombong itu akan menjatuhkanmu sendiri. Syukurilah atas apa yang kamu peroleh kepada Tuhan YME.
So, untuk kalian semua please... Do hard, do best and good luck!

“A negative thinker see a difficulty in every opportunity,
A positive thinker see an opportunity in every difficulty, wish u a better life”

About the Author

All Fine

Author & Editor

Terimakasih Telah Berkunjung Ke Blog ini dan mohon maaf apa bila ada kesalahan dan kesamaan dalam penulisan blog ini Terimakasih ADMIN SMA Islam Nurur Riyadlah.

Posting Komentar

 
SMA ISLAM NURUR RIYADLAH © 2015 - Designed by AllFine.com